BAB
I PENDAHULUAN
A. JUDUL
KEGIATAN
Usaha
makanan ..........................
B. STATUS
USAHA
Usaha
yang akan saya kembangkan adalah usaha pemula
C. RASIONAL
KEGIATAN
Usaha
makanan ringan snack yang akan saya dirikan adalah jenis usaha makanan ringan berskala
kecil yang khusus hanya memproduksi ................tempt yang berbahan baku ........................ Alasan saya memilih usaha makanan ringan Kacang Tanah saya didasarkan
atas pertimbangan sebagai berikut :
- Makanan ringan sangat digemari masyarakat umum. Snack dijadikan makanan cemilan atau makanan sampingan orang banyak. Oleh karena itu saya menjual snack yang sering digemari oleh masyarakat umum
- Bahan baku yang digunakan mudah didapat. Saya hanya membutuhkan Kacang Tanah sebagai bahan utamanya
- Mengembengkan dan menuangkan kretifitas saya dalam memasak
D. TUJUAN
KEGIATAN
Tujuan
dari didirikan usaha makanan ringan (Snack) ini adalah:
- Untuk mengembangkan kreatifitas saya dalam memasak
- Memanfaatkan bahan baku Kacang Tanah
- Sebagai bentuk pembelajaran saya dalam berwirausaha.
BAB II METODE
PELAKSANAAN
A.
Produk
Produk makanan yang akan saya hasilkan adalah makanan ringan,
yaitu .....................berbahan utama ................... Produk ini di
produksi berdasarkan kreatifitas yang saya miliki. Makanan ringan ..................ini bersifat universal, tidak hanya orang dewasa yang menyukai tapi para anak
kecil dan remaja. Konsumen dari makanan ringan ..................................ini adalah para
remaja dan anak kecil.
B.BAHAN
BAKU
Bahan baku utama ............................ini adalah .................. Untuk cita rasa saya menambahkan garam. Saya
juga meletakkan merk dagang pada kemasan produk saya.
C.
PROSES PRODUKSI
Bahan-bahan
1.2.
3.
4. dst
Langkah
1.2.
3.
4. dst
D.PEMASARAN
Segmen pasar yang di bidik adalah
wilayah ....................dan sekitarnya.Diperkirakan dengan jumlah penduduk ± 5.000 jiwa
, jika 5%dari jumlah penduduk yang
menjadi sasaran pemasaran tertarik terhadap produk Kacang Tanah,maka ada calon
konsumen sebesar 130 konsumen.strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan
cara menjualkan ke warung kecil. dengan asumsi consumen 130 orang, maka jumlah
produksi yang harus dihasilkan adalah kurang lebih
E.TEMPAT PRODUKSI
Tempat produksi dilakukan di
rumah.Lokasi ini dipilih karena tempatnya strategis dan nyaman.
F.STRATEGI
PEMASARAN
- Mengecer makanan di warung
- Mendatangi langsung konsumen
- Menitipkan di grosir
G. ANALISIS SWOT
Sebelum melaksanakan suatu usaha
baru kita perlu mengetahui hal-hal/aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha
tersebut.Hal tersebut diantaranya ada;ah aspek
kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities), dan
ancaman (threat).
Dengan melakukan analisis
terhadap hal-hal tersebut di harapkan usaha akan berjalan lanjar daan sukses.
Berikut adalah beberapa hal dari
masing-masing aspek di atas:
1.
Strength
a.
Makanan
ringan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia jadi makanan ringan aka terus
dicari oleh banyak orang
2.
Weakness
a. perkembangan
makanan ringan terutama Kacang Tanah sangatlah cepat sehingga menyulitkan
untuk lebih mengembangkan ide yang baru.
b.
Bayaknya
pesaing makanan ringan yang menjual makanan ringan yang hampir sama.
3.
Opportunities
a.
Bahan
yang digunakan mudah di dapat
b.
Cara
memproses cukup mudah
c.
Mendatangkan
keuntungan yang cukup banyak
4.
Threath
a.
Bayaknya
makanan ringan yang berpariasi dan lebih unik akan membuat konsumen beralih ke
jenis makanan yang lebih menarik dan enak lagi.
b.
Pesaing
yang menjual produk sejenis semakin banyak.
BAB
III TARGET KELUARAN
A.TARGET
PRODUK
Produk yang akan dihasilkan
adalah .................kualitas produk yang dihasilkan adalah .............................sesuai dengan jumlah konsumen yang di
targetkan, produksi yang akan dihasilkan adalah 5 kemasan ......................
B.TARGET
KONSUMEN
Konsumen yang di targetkan adalah
35 orang. Semua usia kecuali balita dan kakek nenek, dengan jumlah target rata
– rata orang perhari
C.TARGET
PENDAPATAN
Jumlah pendapatan yang diinginkan
BAB
IV RENCANA BIAYA
A.Rencana
Biaya Usaha
Rencan
biaya usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut :
1. Biaya
Operasi
a.
Bahan
Baku
No
|
Uraian
|
Vol
|
Satuan
|
Harga/sat
(Rp.)
|
Jumlah
(Rp.)
|
1
|
2
|
Kg
|
10.000
|
10.000
|
|
2
|
1
|
1000
|
1000
|
||
3
|
1
|
kg
|
15.000
|
15.000
|
|
TOTAL
|
RP.
26.000
|
b. Bahan pembantu
NO
|
URAIAN
|
VOL
|
SATUAN
|
HARGA/SAT
(RP)
|
JUMLAH
(Rp)
|
|
1
|
1
|
Buah
|
1.000
|
1000
|
||
2
|
20
|
Lembar
|
500
|
10.000
|
||
total
|
Rp
11.000
|
|||||
Jumlah biaya produksi perhari
|
Rp 37.000
|
|||||
Jumlah total biaya usaha
|
Rp
37.000
|
|||||
B.
Mengitung harga jual
No
|
uraian
|
Jumlah biaya
(Rp.)
|
Kapasitas
produk
|
Biaya per unit
|
|
1
|
Biaya bahan baku
per hari
|
Rp
26.000
|
5
|
Rp 6500
|
|
2
|
Biaya perlengkapan
per hari
|
Rp
21.000
|
5
|
Rp
3.000
|
|
Total biaya operasi per hari
|
Rp. 37.000
|
||||
Total biaya per unit
|
Rp. 6.500
|
||||
Margin keuntungan
yang diharapkan
|
30 %
|
||||
Harga jual produk per unit
|
6.500 + 1.500 = 8.000
|
||||
BAB
V ORGANISASI PELAKSANA
A.Personal
Personal pelaksana kegiatan usaha
tersusun sebagai berikut :
No
|
Nama
|
Pendidikan
|
Deskripsi Tugas
|
1
|
SMA
|
Pengelola
|
|
2
|
SMA
|
Produksi
|
|
3
|
SMA
|
Produksi
|
B.
Struktur Organisasi
BAB
VI PENUTUP
Demikian
proposal usaha makanan ringan yang saya buat. Adapun tujuan proposal ini yaitu
untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk saya dan mengundang para
investor untuk berkerja sama membangun usaha
makanan ringan ............................... isi dari proposal ini yairtu terdiri dari perkenalan produk, rincian
biaya yang dibutuhkan dalam berproduksi, analisis SWOT produk hingga struktur
organisasi pengelola
Semoga
apa yang tertulis dalam proposal ini dapat
dimengerti dengan mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung dalam usaha
ini.atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar